PENCARIAN

Tuesday, February 10, 2015

7 Jenis Makanan yang Kaya Akan Protein

Tips Sehat dan Cantik – Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dikarenakan peranannya yang begitu penting terutama untuk membentuk jaringan otot. Bila Anda ingin membentuk dan juga menambah massa otot tubuh Anda, maka Anda tentunya memerlukan asupan protein yang cukup tinggi.

Selain membentuk jaringan otot, protein juga memiliki fungsi sebagai zat pengatur. Artinya, protein akan membantu mengatur hormon-hormon lainnya yang berfungsi dalam proses pencernaan. Tidak hanya sampai disitu saja, protein juga mempunyai peranan cukup penting dalam menjaga keseimbangan pH asam dan basa tubuh. Bahkan protein juga bisa dijadikan sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh.

Dilihat dari sumbernya, protein bisa dibagi menjadi dua, yakni protein hewani dan juga protein nabati. Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan. Sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Protein hewani memiliki kandungan profil asam amino yang begitu lengkap termasuk juga dengan asam amino esensial yang tentu saja sangatlah dibutuhkan untuk perkembangan tubuh Anda.
makanan kaya akan protein
Ilustrasi ikan segar via wallpapers.free-review.net
Tahukah Anda makanan apa saja yang kaya akan protein? Berikut ini telah kami sajikan untuk Anda 7 makanan yang kaya akan protein.

1. Telur
Telur merupakan sumber protein paling baik karena mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap bila dibandingkan dengan makanan sumber protein lainnya. Satu butir telur rebus terdapat tujuh gram protein dan dua gram lemak jenuh. Bila memang Anda ingin menghindari lemak jenuh, Anda bisa mengonsumsi telur hanya pada bagian putih telurnya saja. Beberapa studi telah mengungkapkan bahwa orang yang makan telur dan roti panggang untuk sarapan biasanya akan merasa kenyang lebih lama dan juga akan lebih sedikit mengonsumsi kalori di sepanjang hari.

2. Susu murni
Susu juga termasuk kedalam salah satu sumber protein paling baik karena ia kaya akan protein yang berkualitas. Kandungan protein dalam susu murni jumlahnya memang tidak seberapa, akan tetapi kualitas yang dimilikinya itu sangat baik bagi tubuh Anda. Protein dalam susu memiliki semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Ikan segar
Ikan merupakan makanan yang kaya akan protein. Berbeda dengan daging, ikan tidak memiliki kandungan lemak didalamnya. Meskipun beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun Anda tidak perlu khawatir karena lemak yang terkandung didalamnya adalah lemak baik omega-3.

4. Udang
Anda tentunya tidak asing kan dengan udang? Nah, udang ini juga termasuk kedalam kategori sumber protein hewani. Nilai protein didalamnya bisa dibilang lengkap karena udang memiliki kadar asam amino yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh. Dalam 100 gr udang mentah mengandung 20.3 gr protein yang mampu memenuhi kebutuhan protein harian Anda hingga mencapai 41%.

5. Keju
Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang bisa menjadi sumber protein yang baik. Untuk menikmati keju, Anda bisa memadukannya dengan sandwich, salad, pasta, dan lain-lain. Bagi Anda yang sedang menjalani diet sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi keju. Hal ini dikarenakan keju mengandung lemak yang dapat menggagalkan program diet Anda.

6. Gandum
Pada umumnya gandum lebih dikenal sebagai makanan sumber karbohidrat. Namun jangan salah, gandum juga mempunyai sejumlah protein yang bisa mencapai 9%. Tapi ingat ya, konsumsi gandum juga harus dibatasi terutama untuk Anda yang saat ini tengah menjalani diet rendah karbohidrat.

7. Brokoli
Brokoli kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan juga mineral sehingga tidak mengherankan kalau brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nutrisi lengkap. Tidak hanya itu, brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran yang rendah lemak namun tinggi akan protein.

Protein sangat penting untuk tubuh Anda, sehingga penuhilah kebutuhan protein harian Anda dengan mengonsumsi beberapa makanan yang telah disebutkan diatas. Tapi ingat ya, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment