PENCARIAN

Thursday, July 30, 2015

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Tips Sehat dan Cantik - Saat ini hampir seluruh wilayah di Indonesia tengah mengalami musim kemarau. Bahkan, beberapa wilayah di Indonesia sampai mengalami kekeringan. Ketika musim kemarau tiba, nyamuk sangat mudah untuk berkembang biak. Sehingga mau tidak mau, serangan gigitan nyamuk pun tidak bisa terhindarkan.

Terkena gigitan nyamuk memang cukup mengganggu. Karena selain menimbulkan rasa sakit, gigitan nyamuk juga sering mengakibatkan rasa gatal dan kulit menjadi merah-merah.

Ketika seseorang terkena gigitan nyamuk, biasanya reaksi pertama yang dilakukannya adalah dengan menggaruknya atau mencari kayu putih lalu dioleskan pada kulit yang terkena gigitan nyamuk tersebut. Selain dengan cara tersebut, beberapa cara dibawah ini juga efektif untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.
cara mengatasi gigitan nyamuk
Ilustrasi gigitan nyamuk via healthtap.com
1. Menggunakan teh celup bekas
Kantung teh celup yang telah digunakan berkhasiat lho untuk meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Hal ini bisa terjadi karena daun-daun teh memiliki fungsi sebagai antibakteri dan meredakan bengkak. Caranya cukup dengan mengkompreskan kantung teh celup pada kulit yang terasa gatal.

2. Menggunakan cuka apel
Salah satu cara paling cepat untuk menghilangkan rasa gatal akibat serangan gigitan nyamuk adalah dengan mengoleskan cuka apel pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Kadar keasaman yang dimiliki oleh cuka apel akan bekerja lebih sempurna pada daerah kulit yang digigit nyamuk.

3. Menggunakan pasta gigi
Pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya juga sangat mudah, yakni Anda cukup mengoleskan pasta gigi pada bagian kulit yang terasa gatal. Disarankan juga untuk memilih pasta gigi dengan rasa peppermint. Hal ini karena pasta gigi peppermint dapat menghilangkan bakteri dari gigitan nyamuk.

4. Menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon
Air perasan jeruk nipis atau lemon memiliki sifat sebagai antibakteri dan antimikroba yang dapat meredakan rasa gatal. Disamping itu, perasan jeruk nipis atau lemon juga bisa membantu mengatasi bekas gigitan nyamuk supaya tidak semakin infeksi.

5. Lidah buaya
Pada umumnya, orang lebih mengetahui bahwa lidah buaya bagus untuk kesehatan kulit dan rambut. Namun, lidah buaya juga dapat membantu mengurangi rasa gatal, peradangan, dan kemerahan pada kulit. Selain itu, kulit Anda juga akan terasa lebih sejuk dan nyaman.

6. Menggunakan kulit pisang
Tidak banyak yang mengetahui kalau senyawa yang terdapat pada kulit pisang dapat membantu menghilangkan racun bekas gigitan nyamuk. Hal ini tentu saja jauh lebih baik bila Anda harus menggaruknya.

7. Mandi dengan air hangat
Jika Anda menginginkan ketenangan yang sempurna setelah sebelumnya terganggu karena rasa gatal dari gigitan nyamuk, sebaiknya Anda mandikan tubuh Anda dengan menggunakan air yang hangat. Supaya hasilnya jauh lebih baik, tambahkan juga cuka apel tepat setelah Anda mandi.

Itulah cara menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk yang bisa Anda coba. Semoga di musim kemarau ini Anda tidak terganggu lagi dengan masalah gigitan nyamuk.

No comments:

Post a Comment