PENCARIAN

Wednesday, July 8, 2015

Manfaat Beras Kencur Terhadap Kesehatan

Manfaat Beras Kencur – Sebelumnya apakah Anda sudah tahu apa itu beras kencur? Beras kencur merupakan salah satu minuman herbal tradisional yang asalnya dari keturunan orang jawa. Untuk wilayah Indonesia bagian tengah, beras kencur juga dikenal sebagai jamu. Sampai saat ini beras kencur masih menjadi jamuan favorit bagi mereka penikmat minuman jamu.

Di Indonesia sendiri tidaklah sulit untuk menemukan minuman herbal yang satu ini. Beras kencur biasanya banyak dijual oleh agen jamu atau penjual jamu keliling. Dengan takarannya yang begitu pas, ditambah dengan bahan-bahan alami, membuat beras kencur cocok untuk dijadikan sebagi obat.

Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan

manfaat utama beras kencur
Ilustrasi beras kencur via bacaterus.com
Bagi Anda yang suka dengan minuman herbal yang satu ini dan belum tahu apa saja manfaatnya, berikut adalah 10 manfaat dari beras kencur.

1. Membantu atasi sakit maag
Untuk mengatasi sakit maag sebenarnya bisa juga diatasi dengan cara memperbaiki pola makan yang sehat dan seimbang. Selain itu, sekarang ini sudah banyak obat kimia yang mampu membantu mengatasi sakit maag dengan mudah dan harga yang murah. Namun, jika Anda merasa lebih nyaman dengan menggunakan metode herbal atau alami, maka mengonsumsi beras kencur bisa menjadi salah satu solusi terbaiknya.

2. Meningkatkan stamina
Manfaat beras kencur yang kedua adalah membantu menghilangkan rasa lelah, letih, lesu, dan menghilangkan pegal-pegal dibadan. Bila dikonsumsi secara rutin setiap hari, maka beras kencur akan mengembalikan stamina yang telah hilang akibat dari banyaknya aktivitas.

3. Meningkatkan nafsu makan
Kandungan kencur yang terdapat pada jamu beras kencur memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Biasanya, anak-anak seringkali mengalami masalah pada nafsu makannya. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memberikan jamuan herbal ini kepada anak-anak.

4. Mengatasi masuk angin
Beras kencur yang diminum selagi hangat dipercaya mampu untuk mengatasi masuk angin. Biasanya, orang yang sedang mengalami masuk angin disarankan untuk mengonsumsi jamu beras kencur. Hal ini memang tidak mengherankan karena rasa hangat pada beras kencur bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual.

5. Mengatasi batuk
Beras kencur bisa juga dimanfaatkan untuk membantu mengatasi batuk. Ini bisa terjadi karena rasa hangat dari beras kencur efektif dalam menetralisir batuk dan rasa gatal pada saat batuk.

6. Mengobati perut mulas
Tahukah Anda kenapa beras kencur juga bermanfaat untuk mengobati perut yang sedang mulas? Karena beras kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang berguna sebagai obat untuk mengatasi mulas.

7. Mengobati sakit kepala
Manfaat beras kencur berikutnya bisa digunakan untuk membantu mengatasi sakit kepala. Meskipun sekarang ini sakit kepala bisa diatasi dengan obat generik, akan tetapi Anda bisa memilih beras kencur sebagai salah satu cara alternatif yang aman tanpa efek samping.

8. Menangkal radikal bebas
Radikal bebas adalah salah satu penyebab timbulnya beberapa penyakit pada diri seseorang. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas diantaranya adalah kanker, stroke, penyakit jantung, dll. Selain mengonsumsi buah-buahan, radikal bebas bisa dicegah dengan mengonsumsi jamu beras kencur.

9. Melegakan tenggorokan
Beras kencur juga bisa diandalkan untuk menghilangkan dahak maupun flu. Jika Anda adalah seorang penyanyi dan suara Anda ingin tetap terjaga, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beras kencur disetiap harinya.

10. Membantu menurunkan kadar kolesterol
Beras kencur memiliki kandungan yang dapat meningkatkan aliran empedu. Cairan aliran empedu yang dialirkan mempunyai peranan yang cukup penting terhadap kelancaran penyerapan makanan yang ada dalam tubuh. Bila makanan diserap tubuh dengan baik, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang.

Itu dia 10 manfaat beras kencur yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda merasa kesulitan untuk menemukan penjual beras kencur, Anda juga bisa kok membuatnya dirumah. Untuk membuatnya, siapkan beberapa bahan seperti dibawah ini.

Bahan-bahan:
- 200 gram beras
- 500 gram kencur berukuran sedang
- 100 gram gula aren atau gula jawa
- 200 gram gula pasir
- ½ sdt garam
- 1 buah jeruk nipis
- cengkeh secukupnya
- kayu manis secukupnya
- 1.5 liter air

Proses pembuatan:
- Rendam beras selama 4 jam lalu tiriskan
- Kupas kencur dan cuci hingga bersih
- Tumbuk beras sampai halus dan campurkan kayu manis serta cengkeh
- Bahan-bahan yang telah ditumbuk tadi kemudian direbus dan jangan lupa tambahkan gula merah dan gula pasir
- Aduk ± selama 20 menit dan tunggu hingga mendidih
- Matikan api dan saring kedalam gelas
- Sebaiknya diminum selagi masih hangat

No comments:

Post a Comment