PENCARIAN

Tuesday, August 18, 2015

5 kelebihan Ayah Dalam Mengasuh Anak

Tips Sehat dan Cantik - Pada umumnya kebanyakan orang beranggapan bahwa tugas seorang Ayah hanyalah sebagai kepala keluarga, mencari nafkah untuk istri dan anak. Sedangkan sang Ibu berperan untuk mengasuh sang buah hati. Padahal, peran Ayah dalam mengasuh anak juga sama pentingnya dengan peran Ibu. Dalam mengasuh sang buah hati, selain ibu, Ayah juga punya kelebihan tersendiri dalam mengasuh Anak. Ingin tahu apa saja kelebihan Ayah dalam mengasuh anak? Simak ulasannya berikut ini.
kelebihan ayah dalam mengasuh anak
Ilustrasi Ayah dan anak bermain bersama via inspire-others.com
1. Lebih tenang
Seorang pria pada umumnya selalu berpikir lebih rasional dan juga tenang. Dan ini biasanya juga berlaku ketika sedang mengawasi anaknya. Jika si kecil sedang memanjat naik keatas meja, biasanya seorang ibu akan berteriak dan langsung berkata “jangan”. Hal ini berbeda bila seorang Ayah yang sedang mengawasinya. Seorang Ayah dengan sikap tenangnya berkata, “nak, disitu tidak aman, ayo turun dari sana”.

2. Lebih santai
Seorang Ayah biasanya suka lebih santai ketika menyikapi berbagai hal, mulai dari kebersihan sampai keamanan si anak. Ketika si anak susah untuk diajak makan, seorang Ayah biasanya tetap berpikir dengan tenang dan selalu punya cara tersendiri untuk membujuk Anaknya supaya mau makan.

3. Pelindung
Kita tahu bahwa seorang ibu selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk melindungi anak-anaknya. Namun jangan lupa, Ayah juga mempunyai peranan yang begitu penting dalam melindungi keluarganya, termasuk melindungi sang buah hati. Biasanya anak-anak lebih suka bercerita kepada Ayahnya ketika menemukan sesuatu yang mereka takuti.

4. Mengajarkan kemandirian
Seorang Ibu biasanya suka tidak tega ketika melihat anaknya merasa kesulitan dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga akhirnya sang ibu pun membantu apa yang sedang dilakukan sang anak. Hal ini memang baik, namun hal tersebut juga dapat menghambat proses kemandirian si anak. Seorang Ayah biasanya akan lebih bijak ketika menghadapi situasi seperti ini. Mereka percaya bahwa buah hati mereka mampu untuk melakukannya.

5. Hadir sepenuhnya
Salah satu hal yang menjadi tantangan besar bagi orang tua untuk anak-anaknya adalah membagi waktu. Karena seperti yang kita ketahui, orang tua punya kesibukkan masing-masing yang tak jarang hal tersebut mampu memecah perhatian kepada anak-anaknya. Seorang Ayah biasanya terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Namun, ketika memiliki waktu yang luang, seorang Ayah akan memberikan waktunya sepenuhnya untuk bermain dan bersenang-senang bersama anak-anaknya.

No comments:

Post a Comment