PENCARIAN

Saturday, August 29, 2015

Makanan-makanan Tidak Sehat Dalam Bekal Makanan Anak

Tips Sehat dan Cantik - Menyediakan bekal makanan untuk anak-anak memang penting. Selain lebih hemat, bekal makanan juga akan menjaga anak-anak supaya tidak jajan makanan sembarangan. Namun sayang, karena tidak punya waktu yang cukup akhirnya beberapa jenis makanan ringan yang tidak sehat pun ikut menjadi pelengkap dalam bekal makanan anak.

Mengonsumsi makanan kemasan sebaiknya dihindari karena biasanya makanan tersebut memiliki bahan pengawet, perwarna, dan bahan-bahan lainnya yang bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Lebih baik gantilah dengan beberapa potongan buah-buahan yang masih segar yang tentu saja jauh lebih sehat daripada makanan kemasan.
makanan tidak sehat
Ilustrasi keripik kentang via huffingtonpost.com
Dibawah ini terdapat beberapa makanan tidak sehat yang biasanya ditemukan pada bekal makanan anak-anak.

1. Permen dan fruit snack
Kita tahu bahwa anak-anak sangat suka sekali dengan permen. Namun sayangnya permen adalah salah satu makanan yang justru tidak mengandung nutrisi penting yang mendukung kesehatan anak. Selain permen, biasanya anak-anak juga suka dengan buah yang sudah diolah dalam berbagai bentuk. Rasanya memang enak, tapi makanan ini juga mengandung perasa, fruktosa, dan pewarna buatan.

Sebaiknya Anda membekali anak-anak dengan potongan buah-buahan segar yang dicetak dalam bentuk lucu sehingga disukai anak-anak. Makanan ini jauh lebih sehat karena buah-buahan yang masih segar kaya akan kandungan vitamin, mineral dan serat.

2. Makanan yang mengandung pewarna
Sebuah studi menunjukkan bahwa menggunakan zat perwarna yang terlalu banyak dalam makanan si kecil akan menimbulkan masalah kromosom, limfoma, tumor, dan hiperaktif. Oleh sebab itu, sebelum memberikannya pada si kecil sebaiknya dicek dulu label kemasannya atau pilihlah makanan alami dengan warna yang tidak terlalu cerah.

3. Jus dalam kemasan
Kita sering menemukan jus dalam kemasan terbuat dari 100% bahan alami. Namun jus kemasan ini bisa bertahan lama sehingga tentu saja menggunakan bahan pengawet. Selain itu, jus kemasan juga tinggi kalori dan gula. Meskipun sangat praktis, namun akan jauh lebih baik jika Anda membuat jus buah sendiri demi kesehatan si kecil.

4. Keripik
Anak-anak biasanya suka sekali ngemil. Ketika jam istirahat tiba, keripik merupakan salah satu makanan yang sangat disukainya. Meskipun sekedar makanan ringan, namun keripik kentang, keripik jagung, atau keripik keju semuanya mengandung garam, kalori, dan lemak yang tinggi.

Solusinya, Anda bisa membuatkan camilan keripik bawang atau stik keju. Atau bisa juga dengan membuat sayuran goreng yang dilapisi dengan tepung sehingga lebih renyah.

5. Puding kemasan
Dengan adanya puding kemasan kita tidak repot lagi untuk membuat puding. Tapi sayang, meskipun puding kemasan memiliki serat, puding kemasan juga memiliki perwarna, pengawet, dan tambahan perasa. Sebaiknya Anda buat sendiri puding yang lebih sehat untuk si kecil. Lagian tidak terlalu sulit kan untuk membuatnya?

No comments:

Post a Comment