PENCARIAN

Tuesday, September 22, 2015

5 Manfaat Istimewa Dari Jamur Merang

Tips Sehat dan Cantik - Sekarang ini pembudidayaan jamur merang di tanah air sudah semakin berkembang. Sehingga, Anda pun tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan jenis tumbuhan jamur yang satu ini. Jamur merang mempunyai nama ilmiah Volvariella volvacea, jamur ini termasuk kedalam jenis jamur pangan yang banyak dijumpai dan dibudidayakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

Jamur merang tumbuh subur dan berkembang sangat baik di iklim tropis dan subtropis. Sehingga hal inilah yang menjadi salah satu faktor bahwa jamur merang sangat baik untuk dibudidayakan di Indonesia. Seperti yang Anda tahu, sekarang ini ada banyak sekali jenis jamur yang bisa dikonsumsi. Seperti, jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake, dan beberapa jenis jamur lainnya.
manfaat jamur merang
Ilustrasi jamur merang via realfoods.co.uk
Meskipun ada banyak jenis jamur yang bisa dikonsumsi, akan tetapi jamur meranglah yang pada umumnya disukai oleh banyak orang. Selain memiliki rasa yang begitu lezat, harga dari jamur merang juga cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Indonesia.

Seperti makanan sehat lainnya, jamur merang juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dari 100 gram jamur merang mempunyai kandungan 0.59% karbohidrat, 5.94% protein, 0.17% lemak, 1.56% serat, 1.14% abu, 17mg fosfor, 1.9mg zat besi, 15mg vitamin B1, 0.75mg vitamin B2, 12.40mg vitamin C, dan beberapa mineral tambahan seperti asam folat, kalium, dan tembaga.

Berikut ini merupakan 5 manfaat istimewa jamur merang yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah penyakit jantung
Salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung adalah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Jamur merang mempunyai peran yang cukup penting dalam melawan lemak jahat. Oleh karena itu, mengonsumsi jamur merang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jamur merang memiliki kandungan mineral kalium yang sangat berguna untuk menjaga fungsi pembuluh darah dalam tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi jamur secara teratur bisa menjaga jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Manfaat jamur merang berikutnya adalah untuk membantu mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Jamur merang mempunyai kandungan beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi yang mempunyai efek karsinogenik. Kandungan beta-glukan yang ada pada jamur merang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes
Seorang penderita diabetes sangatlah perlu memerhatikan makanan yang akan dikonsumsinya. Karena kalau sampai salah memilih, maka dikhawatirkan penyakit yang dideritanya akan semakin parah. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah jamur merang. Mengapa begitu? Jamur merang mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes. Dengan demikian, jamur merang bermanfaat untuk fungsi hati, pankreas, kelenjar endocrinal, dan meningkatkan pembentukkan insulin dengan jumlah yang tepat. Baca juga makanan sehat untuk penderita diabetes

4. Membantu mengatasi radikal bebas
Tahukah Anda, jamur merang juga bagus lho untuk mengatasi radikal bebas. Hal ini dikarenakan jamur merang memiliki kandungan selenium yang berfungsi hampir sama dengan flavonoid. Yaitu, membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

5. Meningkatkan kepadatan tulang
Jamur merang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Disamping itu, jamur merang juga mengandung vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

Ternyata lumayan banyak juga ya manfaat jamur merang bagi kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan jamur merang kedalam menu makanan Anda ya…

No comments:

Post a Comment