PENCARIAN

Friday, September 25, 2015

7 Makanan Ini Dapat Membantu Atasi Kram Perut

Tips Sehat dan Cantik - Seseorang yang mengalami kram pada bagian perut biasanya akan merasakan sakit perut yang luar biasa yang terkadang muncul dan terkadang reda. Saking sakitnya, seseorang yang mengalami kram perut akan memegang bagian perut dan menekuk tubuhnya.

Kram perut biasanya lebih sering dialami oleh wanita yang sedang haid atau sedang hamil. Hal ini memang wajar karena kondisi rahim pada saat haid sedang mengalami peluruhan. Bila kram di perut terjadi pada saat Anda tidak hamil atau haid, langkah terbaiknya adalah dengan segera memeriksakan diri Anda ke dokter.
cara mengatasi kram perut
Ilustrasi sakit kram di perut via saloona.co.il
Ketika perut kram muncul, kita tentu saja akan sulit untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, beberapa makanan tertentu dapat membantu menenangkan perut Anda. Apa saja makanan tersebut?

1. Nasi
Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Ketika perut mengalami hal-hal yang tidak karuan, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan makan nasi, kentang rebus, atau roti. Makanan ini telah diyakini   mampu membantu redakan stres sekaligus membantu sistem pencernaan yang sudah sensitif.

2. Pisang
Tahukah Anda kenapa pisang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pelari maraton? Ini dikarenakan buah pisang sangatlah mudah untuk dicerna dan umumnya tidak mengganggu perut. Buah pisang terkenal dengan kandungan pektinnya yang dapat membantu melancarkan buang air besar.

3. Pepaya
Buah yang tidak sulit untuk didapat ini juga bisa untuk membantu masalah pencernaan dan sembelit. Kandungan enzim papain dan chymopapain didalamnya akan membantu memecah protein serta menenangkan perut.

4. Yogurt
Umumnya susu cenderung dapat memperparah sakit perut. Namun, hal tersebut rupanya tidak berlaku untuk satu porsi yogurt plain. Kenapa bisa begitu? Karena yogurt plain mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, membantu mengatasi masalah pencernaan, serta mengurangi kembung. Sebelum membeli yogurt plain, pastikan pada label kemasan tertulis active cultures.

5. Jahe
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jahe memiliki sifat sebagai anti-mual dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Bila Anda berniat untuk mengonsumsi jahe, usahakan untuk tidak mengonsumsi jahe lebih dari 4 gr di setiap harinya.

6. Apel
Sama hal nya dengan buah pisang, buah apel juga menjadi sumber yang baik dari pektin. Itu artinya, buah apel juga bisa untuk membantu meredakan gejala diare.

7. Air kelapa
Air kelapa mengandung gula alami yang dapat membantu memberikan kalori dan elektrolit. Selain itu, kandungan kalium dalam air kelapa juga bermanfaat untuk mendetoks perut.

No comments:

Post a Comment